.

KALENDER "SMAMUGA"


.

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Sejarah Sekolah SMAMUGA Tulangan

Oleh Admin 14-09-2015 09:15:26

Menengok Masa Perjuangan

Sekolah kami awal berdiri tahun 1974 sebagai wujud dari kelanjutan pendidikan tingkat pertama SMP Muhammadiyah 5 Tulangan, sebagai amal usaha Muhammadiyah guna memperluas dakwah Muhammadiyah di daerah kecamatan Tulangan pada saat itu.

Kali pertama gedung SMA ini berawal dari berdirinya gedung Sekolah Rakyat Islam (SRI) pada tahun 1960 an. Dilanjutkan berdirinya Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) pada tahun 1963. Saat itu para pendidik dari SRI dan PGA bukan semata murni dari golongan kami (Muhammadiyah), tetapi juga dibantu Saudara kami seperjuangan (Nahdlatul Ulama). Dalam 3 tahun berjalan ternyata perjalanan tidak seperti yang diharapkan dikarenakan para pendidik yang berkecimpung dalam sekolah tersebut semakin banyak perbedaan pandangan. Akhirnya pada tahun 1966 sekolah PGA pecah menjadi sekolah PGA Al-Falah (Muhammadiyah) dengan lokasi gedung tetap dan PGA Mualimin (NU) memisahkan diri dengan lokasi gedung di sebelah utara masjid Roudlotul Jannah Tulangan. 

SMP didirikan tahun 1971 menempati gedung baru hasil tanah hibah dari masyarakat gogol desa Kenongo di sebelah timur, kira-kira + 200 meter dari gedung utama dengan luas tanah 2.500 M2 dan luas bangunan 2.000 M2. Sebenarnya nama “SMP” itu adalah peralihan dari PGA Al-Falah. Tiga tahun kemudian tahun 1974 Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 3 dan mulai beroperasi pada tahun 1979. Dengan gedung 2 kelas dan 1 kantor  yang berada di gedung utama (depan gedung olah raga). Akhirnya Gedung SD/SMP/SMA menjadi satu kompleks tahun 1982 menempati gedung di sebelah  timur dari gedung utama dikarenakan lokasi cukup luas yang bisa dijadikan sebagai pengembangan amal usaha untuk Muhammadiyah kedepannya.

Dengan jiwa besar sekolah kami memberanikan diri untuk membeli lahan di persawahan desa Kenongo pada tahun 2010 dengan sumber dana dari swadaya sekolah dan bantuan keringanan harga tanah dari Rumah Sakit Aisyiah Siti Fatimah. Pada tahun 2011 SMA Muhammadiyah berdiri bangunan megah
3 tingkat yang mana ini merupakan terobosan dan keberanian sekolah ke depan dalam mengembangkan segala profesionalisme di dunia pendidikan.

Mulai tahun 1979 hingga sekarang sekolah kami mengalami kemajuan sedikit demi sedikit. Itu semua dikarenakan watak dari organisasi yang solid, ikhlas tanpa imbalan, dan kegotong-royongan yang sangat tinggi. Sejak tahun 1980-an belum ada susunan organisasi yang terstruktur rapi seperti sekarang ini, dulu para penggerak pendidikan di Muhammadiyah Tulangan hanya dari para guru dan masyarakat sekitar Tulangan saja yang rela membangun gedung sekolah demi pengembangan Muhammadiyah. Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah pun belum memberikan bantuan kepada amal usaha kami. Itu menandakan bahwa pembangunan sekolah kami murni dari golongan bawah (grass root). Hampir di era perjuangan tahun 1980-an setiap kegiatan yang dirintis oleh para guru yang rela mengorbankan segala tenaga dan pikirannya demi perjuangan tanpa mengharap imbalan materi yang wah, antara bapak-bapak Muhammadiyah dan ibu-ibu Aisyiah beserta Ortom (organisasi otonom) yang lain bekerja sama dengan sikap kegotongroyongan dalam perjuangan Muhammadiyah.

Oleh karena itu apabila kita tidak menengok perjuangan masa lalu, maka kita tidak akan menjadi sekolah yang besar seperti saat ini. Mengingat pernyataan dari para sejarawan “Suatu sejarah tidak akan menjadi salah satu bukti yang kuat bila tidak dituliskan dan sekolah menjadi besar bila tahu akan sejarah masa lalunya”. Sungguh mengharukan tentang ketulusan dan keikhlasannya dalam pengabdian pada masa itu. Benar benar sesuai dengan slogan KH. A. Dahlan “Hidup Hidupilah Muhammadiyah Jangan Mencari Penghidupan di Muhammadiyah”.

date write: 21-03-2015 10:02:19

date update : 14-09-2015 09:02:02

copyright@mashudismamuga